6 Cara Budidaya Buah Naga Untuk Pemula

Cara Budidaya Buah Naga – Buah naga merupakan salah satu buah yang berasal dari Meksiko, Amerika tengah dan wilayah Amerika selatan.

6 Cara Budidaya Buah Naga Untuk Pemula
6 Cara Budidaya Buah Naga Untuk Pemula

Akan tetapi saat ini tanaman buah naga banyak dibudidayakan di wilayah asia. Hal ini dikarenakan tanaman yang satu ini sangat cocok jika di tanam pada daerah yang memiliki iklim tropis.

Buah naga merupakan buah yang cukup mudah dijumpai dipasar. Selain karena rasanya yang enak jika dibuat menjadi berbagai olahan, buah naga juga memiliki khasiat untuk kesehatan.

Selain itu, buah naga juga memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi dan hal ini lah yang membuat banyak orang yang mulai mencoba membudidayakan buah naga di rumah dengan media pot

Untuk mengetahui cara budidaya buah naga, berikut ini adalah langkah-langkah dalam membudidayakannya.

1. Persiapan Lahan

Sebelum melakukan pembudidayaan, proses perisapan lahan merupakan salah satu proses yang sangat penting karena hal ini akan sangat berdampak pada pertumbuhan dan perkembangan tanaman buah naga.

Yang harus diperhatikan saat mempersiapkan lahan, pastikan daerah sekitar aman dari gangguan hewan yang dapat merusak tanaman dan apabila ingin menanamnya di rumah, baiknya jauhkan tanaman ini dari jangkauan anak-anak.

2. Proses Mempersiapkan Bibit

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, pilihlah bibit buah naga yang memiliki kualitas baik dan terbebas dari hama serta penyakit. Menggunakan bibit denga kualitas yang kurang baik akan mempengaruhi hasil panen nantinya.

3. Menyiapkan pot atau media tanam

Pot yang paling ideal digunakan sebagai media penanaman tanaman buah naga ialah pot yang terbuat dari tanah liat.

Hal ini dikarenan pot yang memiliki bahan dasar tanah liat mampu menahan perubahan suhu yang drastis dari siang kemalam.

4. Siapkan Tiang Panjatan

Tiang penopang adalah salah satu alat yang memiliki peran penting dalam proses penanaman buah naga karena. Sebab, buah naga memerlukan penopang batang dan daunnya yang besar agar dapat berdiri tegak.

Tiang penopang ini biasanya terbuat dari besi beton yang memiliki diameter 8-10 cm. Akan tetapi jika anda tidak memiliki besi beton, tiang penopang ini dapat diganti dengan kayu balok. Tinggi tiang penopang ini panjangnya 150-200 cm.

5. Membuat media tanam didalam pot

Adapun media tanam yang perlu disiapkan untuk menanam buah naga adalah sebagai berikut :

  • Pasir
  • Tanah
  • Pupuk Kandang
  • Kompos

Jika semua bahan sudah siap, campurkan semua bahan tadi lalu masukkan ke dalam pot dan berilah air secukupnya untuk menjaga kelembaban pasir. Setelah itu, diamkan media tanam tersebut selama sehari semalam.

6. Proses Penanaman bibit dan Pemeliharaan

Jika media tanam sudah siap, Tanamlah bibit buah naga yang sudah disiapkan sebelumnya. Tanam bibit tersebut dengan posisi tegak agar bibit buah naga tidak mudah roboh, kemudian berilah sedikit air bibit tersebut agar kelembabannya tidak berkurang.

Jika semuanya sudah selesai, letakan bibit buah naga pada tempat yang terbuka akan tetapi hindari paparan sinar matahari secara langsung.

Untuk pemeliharaan tanaman buah naga yang ditanam di dalam pot hal yang perlu dilakukan adalah pemberian pupuk kepada tanaman buah naga. Selain itu lakukan juga penyiraman secara rutinĀ  saat pagi dan siang hari.

Setelah usia tanaman mencapai 2-4 mingguhal yang perlu dilakukan ialah pemupukan daun yang disemprotkan pada tanaman setiap minggu hingga mencapai delapan minggu.

Selain itu lakukan juga pemangkasan, pemangkasan pada buah naga sebaiknya dilakukan pada batang yang telah berumur 2-3 bulan.

Baca Juga : Pengendalian Hama Dan Penyakit Tanaman Cabe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *