Cara Budidaya Udang Dalam Drum

Cara Budidaya Udang Dalam Drum – Membudidayakan udang adalah pencaharian yang bagus. Sebab, selain harga jualnya mahal, ini juga bisa dikonsumsi sendiri. Sehingga, keuntungannya bagi pembudidaya semakin berlipat ganda.

Cara Budidaya Udang Dalam Drum
Cara Budidaya Udang Dalam Drum

Cara budidaya udang adalah menggunakan media drum. Namun, untuk melakukannya tidak mudah. Dibutuhkan keahlian khusus ketika melakukan perawatan dari awal sampai masa panen.

1. Persiapkan Media Budidaya

Cara pembudidayaan udang dalam drum yang pertama ialah, persiapkan terlebih dahulu medianya. Diantaranya ialah, memilih drum bukan bekas yang bersih serta kuat. Pembudidaya juga perlu menyiapkan gergaji, pisau serta alat pemotong plastik.

Memilih drum untuk budidaya udang, juga tidak boleh sembarangan. Pastikan ukurannya cukup besar dan terbuat dari plastik. Karena model semacam ini, akan mudah ketika pembudidaya melubanginya.

2. Mulai Menebar Benih Udang

Jika cara pertama sudah dilakukan, selanjutnya baru penebaran benih dikerjakan. Namun, jangan asal menyebar. Karena benur udang tergolong benih yang mudah stres sehingga rawan mengalami kematian.

Atas dasar itu, pastikan air bebas limbah dan pH serta suhu air terus dikontrol. Usahakan ph ada di angka 7 sedangkan suhu tidak melebihi angka 250 derajat celcus.

Selain itu, pastikan air selalu bersih dan steril. Maka dari itu, lakukan penggantian minimal satu bulan sekali yang dilakukan dari sejak penaburan benih hingga mendekati masa panen.

Jika cara ini dilakukan, benih udang akan terus sehat. Sehingga ketika musim panen, hasilnya lebih memuaskan.

3. Panen Udang dalam Drum

Tidak ada hal paling membanggakan dalam pembudidayaan udang dalam drum, kecuali ketika sudah tiba masa panen. Karena saat itu, para pembudidaya tinggal memetik hasil usaha yang telah dilakukannya dengan penuh kerja keras.

Baca Juga :

Untuk panen, yang dibutuhkan hanya ember dan cerukan saja. Caranya ialah, buang terlebih dahulu air yang ada di dalam drum, baru panen udang setelah airnya menyusut. Pastikan, pembudidaya juga memilah udang jual dan udang konsumsi.

Membudidayakan udang dalam drum cukup mudah. di atas sudah kami berikan caranya. Silakan mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *