Kepanjangan, Tugas dan Manfaat CEO

Kepanjangan, Tugas dan Manfaat CEO – Pada deretan dewan direksi tetap membutuhkan seorang pemimpin atau leader, leader ini bisa juga disebut dengan direktur utama, sering kali direktur utama ini juga disebut sebagai CEO.

Para pecinta drama korea pasti tidak asing dengan istilah CEO, karena sering terlihat di subtitle kalian, jika pemeran utama nya adalah seorang pewaris dari perusahaan ternama.

Kepanjangan dari singkatan CEO adalah Chief Executive  Officer. Chief artinya kepala atau yang memimpin, Executive berarti jajaran direksi.

Officer adalah pejabat. Definisi dari CEO adalah seseorang yang diberi tugas atau dipercaya untuk memimpin jajaran dewan direksi suatu perusahaan.

CEO diangkat oleh dewan komisaris, dan umumnya mempunyai siklus jabatan, bisa diangkat per 5 tahun atau per 10 tahun tergantung kebijakan dari perusahaan. Seorang CEO tidak bisa memimpin perusahaan seorang diri, beliau dibantu oleh jajaran dewan direksi dibawahnya.

Tugas CEO

  1. Merencanakan, mengelola, dan menganalisa semua kegiatan fungsional bisnis antara lain yaitu operasional, sumber daya manusia, keuangan, dan pemasaran.
  2. Merencanakan dan mengelola proses penganggaran, lalu mengamati dan menganalisis apabila ada kejanggalan dalam prakteknya.
  3. Merencanakan dan mengelola kinerja pada SDM agar SDM yang berkompeten teridentifikasi dan dapat ditempatkan pada posisi yang sesuai dengan kehaliannya sehingga dapat memaksimalkan kinerja perusahaan serta mengoptimalkan hasil yang ingin dicapai.
  4. Merencanakan, mengelola, dan mengeksekusi perencanaan strategi bisnis atau korporat baik untuk jangka waktu menengah maupun panjang dengan mengacu pada visi dan misi perusahaan.
  5. Mengidentifikasi dan meningkatkan performa operasional perusahaan dengan cara memotivasi berbagai divisi di perusahaan.
  6. Mengambil berbagai keputusan dan meningkatkan performa operasional perusahaan dengan cara memotivasi berbagai divisi di perusahaan.
  7. Membuat kebijakan, prosedur, dan standar pada organisasi perusahaan
  8. Menganalisa dan mengambil langkah paling prioritas bagi alokasi sumber daya dan penganggaran perusahaan

Tugas CEO bersifak koseptual atau bidang perencanaan, tetapi pada prakteknya CEO dituntut untuk memiliki pengetahuan teknis dan pengalaman dalam mengelola perusahaan.

Manfaat CEO

  1. Membawa perusahaan lebih maju dari sebelumnya
  2. Membawa lebih banyak investor dan juga meningkatkan nilai modal perusahaan
  3. Menyelesaikan masalah didalam perusahaan
  4. Penghubung antara pegawai dan dewan direksi
  5. Menjaga citra sebuah perusahaan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *