Dampak Blog Bila Artikel Hasil Copy Paste

Dampak Blog Bila Artikel Hasil Copy Paste – Mencopy artikel dari website lain adalah cara terburuk untuk mengembangkan blog pribadi. Karena ini tak lebih keisengan blogger yang malas untuk membuat artikel berkualitas dari kreativitas sendiri. Sekalipun begitu, masih banyak orang yang mem-posting artikel hasil copy paste. Padahal, efeknya bagi blog begitu luar biasa.

Dampak Blog Bila Artikel Hasil Copy Paste
Dampak Blog Bila Artikel Hasil Copy Paste

Jika artikel website dihasilkan dari “copas”, maka blog tersebut akan mendapatkan beberapa efek negatif. Salah satunya di-banned Google secara permanen. Tentu sangat ironi, mengingat membuat blog tidaklah mudah. Berikut hukuman bagi para peng”copas” yang lebih lengkap, yaitu:

1. Ditegur Pihak Google

Jika blogger ketahuan mencuri artikel dari pihak lain, maka si pemilik akan melaporkannya ke Google melalui fitur Google DMCA. Ini merupakan pihak berwenang yang akan mengadili permasalahan terkait postingan internet.

Jika laporan ini sudah diterima, maka pihak Google akan mengirimkan email kepada si pencuri yang isinya instruksi untuk melakukan editing artikelnya. Ini merupakan peringatan pertama yang harus dipatuhi oleh sang blogger.

2. Google Akan Menghapus Artikel dari Indeks Search

Jika postingan artikel ketahuan hasil “copas”, maka Google akan menghapusnya dari index pencarian. Itu artinya, artikel tersebut tidak akan ditemukan di internet sekalipun pengunjung memainkan keyword untuk menemukannya. Sehingga, tanpa index, blog akan segera hilang dari peredaran.

3. Blog Akan Dihapus Permanen

Jika setiap teguran tidak juga diindahkan, pihak Google akan memberikan tindakan tegas, yaitu menghapus blog yang menjadi wadah artikel “copas” itu. Formatnya bermacam-macam. Bisa dihapus sementara bisa juga di banned permanen.

Jika tindakan ini sudah diberlakukan, tentu blogger harus mengulang kembali dari awal. Sebuah aktivitas yang sia-sia dan merugikan. Apalagi jika website sudah memiliki pengunjung lumayan banyak.

4. Blog Gagal Masuk Google AdSense

Dampak artikel hasil copy paste selanjutnya adalah blogger akan kehilangan profit dari adsense. Sebab, syarat bisa bergabung dengan Google iklan ini adalah artikel harus murni bebas plagiatisme.

Selain itu, nama si pemilik web akan buruk di mata publik. Karena semua orang akan menyebarkan artikel “copas” yang dibuatnya ke akun-akun media sosial. Tentu karenanya, sebagai blogger akan mendapat malu yang besar.

Dari dampak buruk artikel hasil copy paste di atas, hendaknya blogger hati-hati dan coba untuk menghindarinya. Itu pun jika masih ingin terus eksis di internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *