Hal Yang Harus Dilakukan Setelah Instalasi Blog WordPress

Hal Yang Harus Dilakukan Setelah Instalasi Blog WordPress – Sebenarnya sangat mudah membuat blog dengan platform WordPress yang bisa dibangun dari tingkat dasar / pemula hanya dalam kurun waktu 5 menit meskipun anda tidak pernah membuka internet sebelumnya. Namun justru disinilah tantangan dalam blogging baru akan dimulai.

Hal Yang Harus Dilakukan Setelah Instalasi Blog WordPress
Hal Yang Harus Dilakukan Setelah Instalasi Blog WordPress

Lalu apa yang seharusnya anda lakukan setelah selesai proses instalasi yaitu apakah langsung menulis artikel ? Cari plugin terlebih dahulu dan temukan theme yang keren ? Atau menunggu beberapa hari supaya menjadi dewasa dan mantap / terfokus ?

Bagi anda para blogger yang berpengalaman tentulah ini ini bukan menjadi sebuah masalah besar karena mereka sudah memahami tahapan – tahapan yang harus dikerjakan. Namun bagi pemula, ada beberapa hal yang perlu anda ketahui dan lakukan agar blog WP anda siap bersaing di masyarakat luas.

Bagi anda yang hingga saat ini belum memiliki blog maka hal yang harus dilakukan adalah membaca panduan install blog WP kalau anda ingin benar – benar belajar cara membuat blog.

  1. Disarankan untuk membuat tagline blog namun hindari jangan sampai melakukan sebuah kesalahan.
  2. Buat dan ubah struktur permalink.
  3. Temukan dan cari theme yang sesuai dengan selera.
  4. Buat dan upload favicon.
  5. Daftar email di Gravatar.
  6. Lengkapi profil akun anda.
  7. Disarankan untuk ubah pengaturan lainnya.
  8. Hapus post dan kategori default.
  9. Aktifkan plugin Akismet.

Hal – Hal Lain Berhubungan Yang Perlu Diperhatikan

1. Instal juga beberapa jenis plugin wajib tersebut di bawah ini

Dikenal ada ratusan ribu plugin WP yang beredar, baik itu yang gratis maupun berbayar. Seperti diketahui bahwa plugin memang penting bagi WP dan inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa benyak orang lebih tertarik untuk memilih WP namun karena jumlah terlalu banyak sehingga menyebabkan memasang plugin menjadi tidak berguna.

2. Verifikasi Google Analytics dan search console

Kedua jenis tool gratis dan powerful dari Google ini cukup penting untuk perkembangan blog anda sendiri. Pasang Google Analytics maka anda bisa mengetahui ada berapa banyak pengunjung yang akan datang ke blog setiap harinya, yang mana halaman terpopuler beserta konten mana yang kurang memuaskan pengunjung dan yang lainnya.

Ada alternatif lainnya yang sering diaplikasikan para blogger Indonesia seperti Histats dan WordPress Stats namun keduanya kalah jauh dibandingkan dengan Google Analytics. Sedangkan dengan search console anda dapat mengetahui apa kata kunci yang kerap digunakan orang lain di Google dan dimana posisi website anda di hasil pencarian, apakah terdapat error dan yang lainnya.

3. Sediakan media berlangganan blog

Blog yang sukses selalu menyediakan sarana untuk para pengunjungnya agar mereka bisa dengan mudah mendapatkan kabar terbaru dari blog bersangkutan. Dikenal ada 3 media berlangganan yang cukup populer antara lain like / follow di Facebook / Twitter, langganan RSS, dan mendaftar ke email list.

Yang paling umum adalah like / follow di sosial media karena mudah untuk dipahami yang mana anda tinggal pasang tombol follow / like atau link kea kun sosial media di blog anda.

Saatnya Blog Pribadi Anda Diluncurkan !

Jika hal – hal tersebut di atas dapat dilakukan dengan sempurna maka anda sudah siap menerbitkan konten – konten berkualitas dan bisa memperkenalkan blog kepada calon pembaca.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang hal yang harus dilakukan setelah instalasi blog WP, semoga bermanfaat !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *