Hubungan Antara Sintesis Protein dengan Ekspresi Gen

Hubungan Antara Sintesis Protein dengan Ekspresi Gen – Pengertian Ekspresi Gen yaitu kegiatan dimana informasi dari gen dimanfaatkan dalam sintesis produk gen fungsional. Produk-produk tersebut sering berwujud seperti protein, namun pada gen pengkode non-protein seperti transfer RNA (tRNA) atau gen RNA inti kecil (snRNA), produk tersebut adalah RNA fungsional.

Ekspresi gen tersusun dari transkripsi genetik yang mengeluarkan mRNA, pematangan mRNA serta akhirnya sintesis protein dengan cara penerjemahan mRNA matang.

Sementara sintesis protein merupakan kegiatan dimana sel-sel biologis mengeluarkan protein baru. Penelitian tentang ekspresi gen berhubungan kuat dengan pengetahuan kita tentang protein.

Dari awal penelitian oleh Christian Anfinsen pada tahun 1950-an, dapat kita saksikan kalau urutan asam amino dalam suatu protein menetapkan struktur tiga dimensi pada akhirnya. Sesudah itu, ilmuwan juga sudah berulang kali meneliti kalau struktur protein menetapkan di mana ia akan berbuat dan apa yang akan dijalankannya.

Tidak ada yang cukup jelas ketimbang fungsi enzim. Rupa dan struktur protein adalah tanda penting dari ekspresi gen biologi dan menyambungkan pengetahuan kita tentang ekspresi gen dengan biologi sel. Walaupun itu berhubungan dengan molekul protein yang berbuat pada DNA dan sekuens RNA, misalnya faktor transkripsi dan histon, penelitian tentang ekspresi gen juga berfokus pada di mana ekspresi sel dimodulasi.

Sebenarnya, proses perubahan ekspresi gen bisa terjadi pada nukleus, sitoplasma, atau malah pada membran sel sebab efek protein pada RNA pada subregion seluler tersebut.

Tahap yang benar untuk memahami fungsi protein adalah memperhatikan apa yang terjadi pada sel saat protein yang tidak ada. Maka dari itu, ilmuwan memakai teknik model seperti kultur sel atau seluruh organisme, disaat mereka dapat mencoba fungsi protein atau gen tertentu dengan mengubahnya atau memutasikannya.

Cara-cara baru membuat kita mengubah teknik kita memahami ekspresi gen, DNA, analisis serial ekspresi gen atau SAGE, dan susunan throughout tinggi yang akan menjadikan layar lebih besar dari banyak molekul secara berbarengan dan telah menjadikan jenis informasi yang baru dan lebih luas.

Baca Juga : Tugas dan Manfaat CEO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *