3 Jenis CMS Blog Paling Banyak Digunakan

Jenis CMS Blog – CMS adalah singkatan dari Content Management System. Istilah ini cukup populer di internet dan mengharuskan semua blogger harus mengenal dan menguasainya.

3 Jenis CMS Blog Paling Banyak Digunakan
3 Jenis CMS Blog Paling Banyak Digunakan

CMS adalah unsur website yang berfungsi melakukan modifikasi dan pengaturan pada situs. Tanpa jenis CMS blog dipastikan, website tidak akan pernah bisa dibuat.

CMS berfungsi sebagai wadah pengaturan sebuah website. Sehingga dengannya, blogger tinggal mem-posting gambar dan artikel ke dalam situs, tanpa harus melakukan editing manual yang rumit. Apalagi ketika membicarakan bahasa pemrograman yang tidak semua blogger dan netizen memahaminya.

CMS sendiri, jenisnya cukup banyak. Blogger tinggal memilih sesuai keinginan. Berikut ini, kami rilis beberapa yang bisa dijadikan acuan, yaitu:

1. WordPress

Jenis CMS blog pertama yang paling populer adalah WordPress. Bahkan, menurut kami, sistem inilah yang paling banyak digunakan oleh blogger dari seluruh dunia.

Hal ini disebabkan oleh plugin yang lengkap dan pengaturan situs yang mudah. Selain itu, platform aplikasi tergolong open source.

Dengan fasilitas semacam ini, tentu blogger tinggal mengunduh saja software yang terkait dengan niche situs. Lalu dipasangkan pada sidebar agar sekali waktu bisa digunakan pada postingan.

2. Joomla

Sebelum ada WordPress, Joomla adalah CMS yang cukup populer. Bahkan, beberapa waktu berhasil mengalahkan eksistensi blogspot.

Penyebabnya adalah, daya serap situs lebih stabil dan loading ketika peralihan dashboard tidak lemot. Selain itu, performa CMS ini cukup matang dengan upgrade aplikasi berkala.

CMS Jomla mengusung 3 fitur utama yang penting untuk website yaitu Apache yang berfungsi sebagai server layanan, Script PHP untuk instruksi pemrograman, dan yang terakhir adalah MySQL yang bekerja sebagai database penampung data situs.

3. Drupal

CMS populer yang ketiga adalah Drupal. Sebuah aplikasi editing website open sources yang bisa digunakan untuk segala macam situs. Baik yang berupa jejaring sosial, aplikasi e-Commerce maupun website multi situs.

Akan tetapi, kami tidak menganjurkan pemula untuk menggunakan CMS ini. Selain membutuhkan konsentrasi tinggi, desain yang digunakan juga berbeda dengan wordpress dan blogspot yang lebih terkemuka.

Demikian jenis CMS blog yang banyak di internet. Silakan pilih salah satu yang bisa dijadikan sebagai platform website yang akan Anda buat.

Baca Juga : Dampak Blog Bila Artikel Hasil Copy Paste

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *