Kesalahan Dasar dalam Social Media Marketing

Kesalahan Dasar dalam Social Media Marketing – Media sosial adalah sebuah alat yang para penggunanya bisa berpartisipasi dan membuat isi blog, jejaring sosial dan dunia virtual.

Kesalahan Dasar dalam Social Media Marketing
Kesalahan Dasar dalam Social Media Marketing

Sedangkan marketing adalah serangkaian aktivitas dari segi proses menciptakan suatu barang sampai mempertukar tawaran yang bernilai kepada pelanggan, klien, mitra atau masyarakat umum.

Jadi sosial media marketing adalah aktivitas penggunaan sosial media sebagai sarana untuk memasarkan suatu produk. Tidak semua usaha pemanfaatan media sosial berhasil untuk pemasaran. Berikut adalah kesalahan dasar dalam sosial media marketing antara lain adalah :

  1. Strategi konten salah

Setiap ingin memasarkan suatu produk atau layanan dalam dunia sosial media haruslah mempunyai strategi yang bagus agar tepat sasaran.

Setiap sosial media marketing mempunyai cara pendekatan dan strategi yang berbeda-beda. Misalkan ketika kita membuat sebuah konten, nah konten tersebut akan mendorong terjadinya interaksi dengan pembaca.

Strategi konten yang salah akan membuat pembaca merasa malas untuk ingin tahu lebih lanjut pada produk anda.

Jadi anda harus membuat konten yang sesuai dengan tujuan anda dan untuk membuat pembaca tertarik dengan produk atau udaha anda.

  1. Kurang memaksimalkan elemen dalam sosial media

Kurangnya pemanfaatan media pendukung, seperti email list, blog, website dan data pendukung media sosial seperti infografis. Semua aset dari media sosial ataupun pendukungnya akan membantu memaksimalkan pemasaran anda.

  1. Melupakan elemen manusia

Follower adalah kumpulan orang yang menikuti aktivitas dari produk anda, maka anda harus bersikap manusiawi dalam penggunaan medial sosial untuk bisnis anda seperti perlakukan mereka layaknya seperti customer di dunia nyata dengan cara menjalin hubungan baik dengan mereka.

  1. Mengabaikan visitor

Anda harus selalu ramah terhadap pengunjung atau yang memberi komentar serta yang bertanya kepada anda mengenai produk yang sedang anda pasarkan. Entah komentar positif atau negatif, pengunjung adalah sebuah peluang bagi anda yang harus anda utamakan.

  1. Menggunakan sosial media dengan cara yang salah

Sesuaikan konten yang anda buat untuk setiap media sosial yang ada, misalkan video yang bisa anda upload antara di IG dan Facebook pastilah berbeda dalam segi durasi waktu.

  1. Terlalu serius dan kaku

Hindari membuat konten yang terlalu serius dan kaku, karena itu akan membuat orang-orang merasa cepat bosan, bisa-bisa tidak tertarik dengan bisnis anda.

Itulah beberapa kesalahan dasar dalam sosial media marketing yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat untuk kalian semuanya.

Baca : Jenis CMS Blog Paling Banyak Digunakan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *