Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Bayam

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Bayam – Bayam adalah salah satu tanaman yang memiliki khasiaty yang sangat banyak, bayam dalam Bahasa latin disebut dengan Amaranthus sp.

Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Bayam
Klasifikasi dan Morfologi Tanaman Bayam

Bayam adalah tanaman saruran yang sering dibudidayakan di daerah dataran rendah dan juga tinggi. Tanaman ini sering dikonsumsi semua kalangan daunnya.

Kini secara umum bayam terdapat dua jenis yang telah ditanami untuk dibudidayakan seperti bayam putih atau nama latinnya Amaranthus tricolor  dan bayam cabut atau nama lain dari Amaranthus hibrydus L.

Baca : Cara Budidaya Gaharu

Walaupun keduanya termasuk kedalam family bayam – bayaman atau  Amaranthuscea namun kedua jenis bayam tersebut memiliki perbedaan yang sangat jauh.

Perbedaan tersebut sangat jelas – jelas terlihat pada bentuk darunnya, cabang batang serta bunganya. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai bayam anda bisa bisa melihat klasifikasi dan morfologi tanaman bayam dibawahini.

Klasifikasi Tanaman Bayam

Merupakan tanaman dari kingdom Plantae

  • Sub Kingdom : Spermatophyta
  • Division : Magnoliophyta
  • Famili : Amaranthacea
  • Genus : Amaranthus
  • Species : Amaranthus L. ( Amaranthus sp. )
  • Class : Magnoliophyta
  • Sub Class : Caryophyllidae

Morfologi  tanaman bayam

Adapun untuk morfologi danjuga anatomi tanaman bayam berdasarkan bentuknya yaitu berupa daun, batang, akar, bunga dan juga bijinya.

  • Akar

Sistem perakaratan semua jenis tanaan bayam ini sama yakni akar tunggang dan serabut pada bagian atasnya. Selain itu akar tanaman bayam ini bisa menembus kedalaman tanah hingga 20 sampai 40 cm bahkan bisa lebih bergantung dari media tanahnya.

  • Batang

Tanaman bayam ini memiliki batang dengan bentuk yang tegak, tebal dan mengandung sedikit air. Ukuran tanaman ini juga memliki panjang hingga 0.5 sampai 1 meer dan bercabang monodial.

Umumnya memang batang bayam akan berwan ahijau namun ada jugabatang bayam yang berwarna merah tergantung dari jenis bayamnya tersebut.

  • Daun

Bayam sendiri memiliki daun tunggal serta daun tanamanini pada umumnya memilikiwarnahijau muda dan tua. Namun ada juga daun bayam yang berwan merah bergantung dari jenisnya juga.

Jika dilihat dari bentuknya maka daun bayam akan berbentuk bulat memanjang danoval. Sedangkan untuk panjang daunnya berukuran 1.5 cm sampai 6 cm, daun bayam ini memiliki lebaryang berukuran 0.5 ampai3.2 cm.

Terdapat tangkai di bagian daunnya denganbentukan bulat serta opacus. Tangkai daun tersebut berukuran 0.5 sampai dengan 9.0 cm.

  • Bunga

tanaman bayam ini mempunyai bunga bayam dengan kelamin tunggal, berwarna hijau tua dan juga terdapat mahkota yang terdiri dari daun bunganya dengan jumlah dari 4 sampai 5 buah, benang sarinya sendiri  1 sampai 5 dan memliki bakal buah yang berjumlah 2 sampai 3 buah dan juga terdapat bagian lainnya yangdigunakan untuk membantu penyerbukan. Bunga bayam sendiri memang tergolong kecil dengan 1.5 sampai dengan 2.5 mm panjangnya.

Tentu yang membedakan antara bunga jantan dan betina adalah jika bungajantang memilkibentuk seperti bulir sdangkan bunga betina berbentuk bulat dan hanya terdapat di ketiak batang. Penyerbukan bunga sendiri dilakukan dengan bantuan hewa atau tertipu oleh angin.

  • Buah

Buah dari bayam sendiri memiliki ciri fisik berwarnahijau dengan bentuk lonjong dan pangjang mencapai 1.5 mm.

  • Biji

Untuk tanaman bayam memilikibiji berukuran kecildan halus, dimana warna dari biji tersetbu akan berwarna hitam dengan ukuran 0.8 sampai 1 mm.

Adapun manfaat bayam untuk tubuh adalah sangat banyak, manfaatnya adalah seperti menjaga bentuk tubuh, mengobati berbagai macam gangguan kesehatan dan untuk diet, berikut ada beberapa manfaat lainnya :

1). Bayam memiliki kandungan serat yang sangat tinggi

Selain dapat melancarkan pencernaan, bayam juga memiliki kandungan serat yang sangat tinggi sehingga banyak sekali pelaku diet yang mengkonsumsinya untuk mencegah rasa lapar dalam waktu yangsangat lama.

2). Bayam memiliki kalori yang sangat rendah

Jika anda diet maka bayam adalah makanan yang sangat dianjurkan, dalam kondisi diet anda harus dapat mengurangi jmlah kalor yang masuk kedalam tubuh anda pada jumlah tertentu. Kalori dalam bayamsendiri cukup rendah dengan serat yang sangat baik utuk diet yang cukup tinggi.

3). Kaya akan kandungan air

Selain hal diatas ternyata bayam juga kaya akankandungan airnya. Tanaman ini dapat mencegah dehidrasipada tubuh, sehingga tubuh anda dipastikan tetap sehat dan kuat saat melaksanakan segala aktivitas yang menantang.

4). Kandungan karbohidrat bayam

Tentunya kandungan karbohidrat yang terdapat pada tanaman bayam sudah bisa mencukupi kebutuhan akan karbohidrat dan setara dengan makan satu porsi nasi. Bagi pelaku diettentu ini sangat dianjurkan.

Selain itu juga kandungan yang terdapat di dalam bayam seperti vitamin C mampu meningkatkan stamina tubuhanda sehingga nantinya ketika tubuh dala kondisi sehat akan mampu mencegah masuknya radikal bebas kedala tubuh, terutama tubuh ibu yang sedang hamil.

Demikianlah artikel yang membahas mengenai beberapa penjelasan tentang bagaimana mengenal klasifikasi serta morfologi tanaman sayuran bayam. Semoga informasi diatas dapat berguna untuk menambah wawasan ilmu pengeahun alam soudara terimakasih.

Baca Juga : Sensus Penduduk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *