Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Gingseng

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Gingseng – Seperti diketahui bahwa kekuatan penyembuhan ginseng dihubungkan dengan fakta bahwa tanaman ginseng mengandung adaptogen yaitu zat yang ampuh untuk meningkatkan resistensi tubuh terhadap stress dan meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan baik itu dari sisi fisik dan mental.

Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Gingseng
Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Gingseng

Efek adaptogenik dari tanaman ginseng menyebabkan ginseng dikenal sebagai media / bahan ramuan yang sangat bermanfaat untuk beragam kondisi terkait dengan kesehatan tubuh manusia antara lain kelelahan kronis, kekurangan energi, kurangnya vitalitas, kehilangan kosentrasi, kehilangan stamina, memori miskin dan lemah, serta selama pmulihan dari penyakit.

Baca Juga : Cara Budidaya Jamur Tiram Putih

Klasifikasi Dan Morfologi Ginseng / Panax Ginseng

Morfologi ginseng adalah tanaman yang berumbi dan memiliki khasiat sebagai salah satu obat tradisional ataupun pengobatan modern. Tanaman ini mempunyai nama latin yaitu panax yang bersuku dengan araliaceae. Ginseng tumbuh dengan subur di wilayah bumi utara terutama di Siberia, Manchuria, Korea, dan Amerika Serikat. Di Asia Tenggara ginseng dapat dengan mudah ditemukan di negara – negara sekitar Vietnam dan di Vietnam sendiri yaitu dari jenis ginseng panax vietnamensis.

Tanaman ginseng mampu bertahan hidup sekitar 100 tahun seperti di Korea dari spesies ginseng panax schinsen sejak zaman dahulu sudah terkenal dengan kualitas khasiatnya untuk kesehatan tubuh manusia yang selanjutnya ginseng ini dibudidayakan pada lahan dengan kondisi tanah yang subur dan lingkungan yang mendukung sehingga kualitas khasiatnya semakin bagus.

Di Indonesia juga mempunyai tanaman yang bermanfaat serupa dan sangat mirip dengan ginseng yaitu ginseng jawa atau som jawa / talimum paniculatum gaertn dan kolesum atau talimun triangulare wild. Biasanya untuk dicampur dengan minuman anggur.

Klasifikasi Tanaman Ginseng

  • Kingdom : Plantae / tumbuhan
  • Sub kingdom : Trachebionta
  • Super divisi : Spermatophyta
  • Divisi : Magnoliophyta
  • Kelas : Magnoliopsida
  • Sub kelas : Rosidae
  • Ordo : Apiales
  • Famili : Araliaceae
  • Genus : Panax
  • Spesies : Panax Ginseng L

Morfologi Tanaman Ginseng

1/Morfologi Akar Ginseng

Pada tanaman ginseng mempunyai akar yang berbentuk mengembung dan hampir menyerupai dengan sistem pencernaan pada manusia. Ukuran panjang akar yang dimaksudkan berfungsi untuk menyimpan cadangan makanan serta bahan aktif lainnya.

Rasa akar ginseng adalah manis berair kemudian pahit sekali. Akar ginseng memiliki khasiat dan manfaat yang bagus dalam dunia pengobatan herbal dan memiliki salah satu yang terbaik diantaranya adalah untuk meningkatkan produksi sel – sel darah merah.

2/Morfologi Batang Ginseng

Batang tanaman ginseng mempunyai bentuk bulat dengan posisi tumbuh yang tegak bercabang banyak berukuran panjang kisaran rata – rata antara  70 s/d 80 cm dan berwarna keunguan. Jika disentuh maka batang tanaman ini memiliki tekstur lunak akan tetapi tanaman ini mampu bertahan untuk hidup selama bertahun – tahun lamanya meskipun terlihat lembek dan berair namun mampu menopang tanaman tetap tegak dengan kuat dan kokoh.

3/Morfologi Daun Ginseng

Tanaman ginseng memiliki daun yang bersifat tunggal dan berbentuk bulat oval dengan daun berwarna hijau pada bagian tepi bergerigi dan ada juga yang rata dengan pertulangan daun yang menyirip.

4/Morfologi Pada Bunga Ginseng

Tanaman ginseng menyimpan bunga yang bersifat majemuk yang tumbuhnya muncul dari ujung pangkal daun lalu membentuk malai. Bunga ginseng mempunyai mahkota berlekuk lima dengan bentuknya oval serta berukuran kisaran 3 s/d 4 mm. Di dalam bunga terdapat benang sari yang jumlahnya antara 5 s/d 15 cm dengan tangkai bercabang – cabang dan berwarna merah keunguan.

5/Morfologi Buah Ginseng

Buah tanaman ginseng berwarna kecokelatan dan cokelat kekuningan berbentuk bulat telur dan berair dengan diameter antara 3 s/d 4 cm atau lebih. Buah memiliki biji yang banyak dan berukuran kecil berbentuk pipih dengan warna yang hitam alami.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang klasifikasi dan morfologi tanaman ginseng, semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Baca Juga : Cara Budidaya Tanaman Hias Bunga Dahlia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *