Pengertian, Macam dan Ciri Kromosom

Macam dan Ciri Kromosom Pengertian kromosom diungkapkan pertama kali oleh W. Waldenger. Secara harfiah kromosom diambil dari kata chroma yang berarti warna dan soam yang berarti badan.

Pengertian, Macam dan Ciri Kromosom
Pengertian, Macam dan Ciri Kromosom

Bisa diartikan kalau kromosom itu badan halus yang berbentuk batang yang mudah untuk menyerap zat warna. Kromosom terbentuk dari bahan kompleks yang disebut kromatin.

Sedangkan kromatin sendiri terdiri dari 27% DNA, 67% protein dan 6% RNA. Jadi bisa dikatakan kalau kromosom juga membawa sifat individu karena tersusun dari DNA juga.

Kromosom mempunyai bentuk yang beragam. Ada yang berbentuk batang panjang, pendek, lurus bahkan adanya yang berbentuk bengkok.

Hal tersebut bergantung pada setiap individu. Akan tetapi dalam setiap kromosom pasti terdapat struktur yang pasti. Yaitu adanya sentromer dan lengan kromosom. Sentromer merupakan kepala kromosom.

Dimana didalamnya berupa gen. Sentromer berfungsi ketika pembelahan sel. Tepatnya untuk melekatnya benang gelendong. Sedangkan lengan kromosom merupakan badan dari kromosom itu sendiri. Atau lebih dikenal dengan kromatid.

Secara umum kromosom mempunyai dua lengan yang dipisah oleh sentromer. Lengan kromosom tersusun dari membran, kromonema dan matriks.

Baca juga : Cara Budidaya Tanaman Aren

Macam-Macam Kromosom

Dalam sel makhluk hidup pastinya mempunyai satu set kromosom dengan jumlah tertentu sesuai dengan jenis makhluk hidup. Dalam satu set kromosom ini dibedakan menjadi 2 macam kromosom. Yaitu autosom dan genosom.

Autosom merupakan kromosom penentu sifat sel tubuh (sel somatik) akan tetapi tidak menentukan jenis kelamin dari setiap individu. Jumlah autosom berjumlah 2n-n (n= jumlah total kromosom).

Sedangkan genosom merupakan kromosom seks yang mengatur jenis kelamin pada setiap individu. Jenis kelamin laki-laki ditandai dengan kromosom XY, sedangkan untuk jenis kelamin perempuan ditandai dengan kromosom XX.

Ciri-Ciri Kromosom

Walaupun bentuk dan jumlah kromosom setiap makhluk hidup berbeda-beda. Tetapi terdapat kesamaan dalam satu set kromosom.

Kromosom pasti terdiri secara berpasangan. Contohnya saja pada kromosom manusia terdapat 23 pasanga kromosom. Sehingga terdapat 46 untaian DNA pada satu set kromosom manusia. Karakteristik berikutnya adalah kromosom pasti terletak pada inti sel yang disebut nukleus.

Baca juga : Penjelasan Penting Mengenai Enzim DNA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *