Pengertian Kepemimpinan

Pengertian Kepemimpinan – Kepemimpinan mutlak diperlukan di dalam organisasi. Karena dia berfungsi sebagai penggerak kinerja sekaligus penanggungjawab kegiatan. Bukan itu saja, seorang pemimpin juga menjadi contoh bawahannya. Jika seorang pimpinan berhasil mengarahkan karyawan sesuai harapan, tujuan manajemen pasti tercapai.

Atas dasar itulah, kepemimpinan merupakan sikap pemimpin dalam memengaruhi bawahan. Supaya pekerjaan yang dilakukan diarahkan demi visi organisasi yaitu meraih tujuan-tujuan yang sudah disepakati.

Pengertian Pemimpin

Secara umum, pengertian pemimpin adalah orang yang memimpin orang lain atau kelompok. Sedangkan kepemimpinan adalah sikap dan keterampilan yang harus dimiliki pemimpin.

Pengertian Kepemimpinan Menurut Ahli

1. Wahjo Sumidjo

Menurut Wahyu kepemimpinan adalah sikap melekat pada diri ketua. Yang berupa kemampuan mengatur, memerintah, mengajarkan dan bersikap layaknya jabatan teratas dalam suatu organisasi.

Menurut konsep ini, pemimpin tidak dipisahkan dengan kepemimpinan. Karena keduanya merupakan sisi yang sama seperti manusia dengan sifat-sifatnya.

2. Sutarto

Sedangkan menurut Sutarto, kepemimpinan adalah kemampuan orang untuk mengatur dan memengaruhi orang lain. Yang sesuai dengan konsep ini adalah, pemimpin merupakan orang yang mampu mengajak bawahan bekerja sama merealisasikan tujuan.

3. S.P.Siagian

Menurut Siagian, kepemimpinan identik dengan kemampuan seseorang mengelola jabatan sebagai ketua. Utamanya yang berhubungan dengan sikap memengaruhi bawahan supaya bisa berpikir dan bekerja sesuai harapan organisasi.

4. Moejiono

Pengertian kepemimpinan yang terakhir diungkapkan oleh Moejiono. Mernurutnya, kepemimpinan merupakan pribadi pemimpin dengan kualifikasi tertentu. Sebuah nilai kualitas yang membedakannya dengan jabatan lain.

Sejarah Kepemimpinan

Sejarah kepemimpinan menurut ilmu filsafat diawali dari manusia sejak lahir. Yang mana di kala itu, kepribadian untuk memimpin sudah menjadi fitrah bayi.  Sedangkan bakat menjadi pemimpin, terlihat ketika anak sudah mengenyam pendidikan.

Konsep kepemimpinan baru dibuat secara ilmiah pada abad ke 20 oleh seorang ilmuwan bernama Frederick W. Taylor. Di kala itu, kepemimpinan masuk kategori manajemen ilmiah atau scientific managemen.

Demikian penjelasan singkat tentang kepemimpinan. Sebuah uraian sederhana yang dilengkapi dengan sejarah kemunculannya. Semoga menjadi tambahan ilmu untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *