Pengertian Protozoa

Pengertian Protozoa – Protozoa adalah kumpulan protista yang serupa dengan hewan. Kata protozoa berasal dan memiliki arti hewan pertama, protos artinya pertama dan zoon berarti hewan.

Pengertian Protozoa
Pengertian Protozoa

Protozoa merupakan organisme yang terdiri dari satu sel tunggal atau uniseluler yang bersifat eukariotik atau mempunyai membran nukleus. Beberapa protozoa ada yang hidup sendiri ataupun berkelompok atau koloni.

Makhluk hidup ini biasanya memiliki sifat heterotrof sebab tidak bisa membuat makanan sendiri.

Protozoa juga bisa hidup secara bebas, saprofit atau parasit pada inangnya. Untuk bisa bertahan hidup, protozoa akan menyerupai kista. Habitat hidup organisme ini adalah tempat yang basah dan berair.

Protozoa juga bisa menjalankan reproduksi secara seksual atau generatif ataupun aseksual atau vegetatif. Melalui seksual dengan proses konjugasi, sementara proses aseksual dengan melakukan proses pembelahan biner.

Menurut kajian teori perubahan secara umum protozoa memandang sebagai cikal bakal dari organisme hewan yang sangat berkelompok. Hingga saat ini ditemukan sekitar 65.000 jenis organisme tersebut yang sudah diketahui..

Jika habitat hidup organisme ini berada kondisi lingkungan tempat hidup yang tidak menguntungkan, akibatnya protozoa akan berwujud membran tebal dan kuat yang juga menyerupai kista. Ilmuwan yang meneliti serta mempelajari tentang protozoa adalah Anthony van Leeuwenhoek.

Baca Juga : Wewenang Bank Sentral

Beberapa ciri-ciri protozoa yang bisa kalian kenali:

  1. Biasanya protozoa tidak bisa membuat makanan sendiri atau heterotrof
  2. Organisme ini mempunyai alat gerak seperti menyerupai kaki semu, bulu getar atau cillia atau bulu cambuk atau flagel.
  3. Organisme tersebut mempunyai hidup yang bebas, saprofit atau parasit.
  4. Protozoa memiliki sel tunggal
  5. Eukariotik atau mempunyai membran nukleus atau berinti sejati
  6. Protozoa hidup dengan secara tunggal atau soliter atau bisa juga dengan berkelompok atau soliter.
  7. Bisa berwujud sista untuk bertahan hidup. Sista adalah wujud sel protozoa yang terdehidrasi dan berdinding tebal sama seperti endospora yang dialami pada bakteri.
  8. Organisme ini bisa bertahan hidup saat lingkungan kering dan basah.
  9. Organisme ini tidak memiliki dinding sel.
  10. Organisme ini termasuk organisme mikroskopis yang prokariot

Baca Juga : Hubungan Antara Sintesis Protein dengan Ekspresi Gen

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *