Pengertian Segmentasi Pasar

Pengertian Segmentasi Pasar – Sering kita mendengar istilah segmentasi pasar tiap membahas strategi pemasaran suatu produk. Begitu pentingnya sebuah perusahaan menentukan lebih dahulu segmentasi pasar sebelum mengeluarkan dan menjual produknya. Apa itu segmentasi pasar?

Pengertian Segmentasi Pasar
Pengertian Segmentasi Pasar

Segmentasi pasar merupakan cara membagi atau mengelompokkan suatu pasar yang awalnya masih bersifat heterogen ke dalam satuan pembeli yang bersifat homogen, dimana pada setiap satuan pembeli yang bersifat homogen itu dijadikan target pasar yang diraih memakai cara strategi marketing mix.

Segmentasi pasar sebagai salah satu strategi perusahaan tidak semata-mata dilakukan dengan cara menciptakan produk baru (product diversification) atau membedakan produk, namun didasarkan atas perbedaan minat serta kebutuhan konsumen itu sendiri.

Pada akhirnya, pasar yang semula sifatnya satu serta luas, disegmentasi atau dibagi oleh penjual atau produsen menjadi beberapa bagian pasar yang bersifat homogen. Sehingga terbentuklah pasar yang memiliki kesamaan dalam hal minat, daya beli, geografi, perilaku pembelian maupun gaya hidup.

Segmentasi pasar merupakan upaya atau aktivitas melihat pasar secara kreatif. Perusahaan harus bisa mengidentifikasi dan memanfaatkan peluang-peluang yang muncul di pasar.

Pasar harus dipandang berdasarkan variabel geografis, demografis, psikografis dan perilaku. Dengan begitu akan mudah bagi perusahaan menentukan produk yang akan dijual di suatu lokasi. Beda tempat tentu akan berbeda pula barang yang akan dijual.

Mengacu pada pengertian yang telah disebutkan di atas kita bisa menarik kesimpulan mengapa segmentasi memiliki peran yang signifikan dalam sebuah kelancaran bisnis perusahaan.

Alasan pertama, dengan cara melakukan segmentasi sebuah perusahaan lebih fokus dalam mendistribusikan sumber daya yang ada.

Pembagian pasar menjadi segmen-segmen akan memberikan perkiraan bagi perusahaan untuk menetapkan segmen mana yang akan dilayani.

Selain itu segmentasi memungkinkan perusahaan mendapatkan prediksi yang makin jelas perihal peta kompetisi serta menentukan keberadaan posisi pasar perusahaan.

Alasan yang kedua, segmentasi merupakan pondasi untuk menentukan komponen dan bagian strategi yang penting. Segmentasi yang dibarengi dengan penyaringan target market akan memberikan acuan dalam penentuan positioning.

Ketiga, segmentasi merupakan faktor kunci untuk mengalahkan pesaing, dengan memandang pasar dari sudut yang unik dan cara yang berbeda dari yang dilakukan pesaing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *