Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Pepaya

Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Pepaya – Tanaman pepaya pertama kali berasal dari Meksiko Utara dan Selatan dan Amerika Selatan. Tanaman ini dikenal menghasilkan buah tanpa mengenal musim adalah satu – satunya jenis buah – buahan yang ada dalam genus famili caricaceae.

Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Pepaya
Penjelasan Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Pepaya

Memiliki 4 genus antara lain carica, jarila, cylicomorpha, dan jacaranta. Di Indonesia pepaya memiliki nama tersendiri seperti gedang di Sunda, kates di Bugis, tangan – tangan di Makassar, serta telo gantung di Pulau Jawa. Tanaman yang terbanyak dibudidayakan adalah carica karena mampu tumbuh dan berkembang cepat dibandingkan dengan genus yang lainnya.

Baca Juga : Cara Budidaya Tanaman Hias Bunga Dahlia

Mengenal Klasifikasi Tanaman Pepaya

Dibawah ini penjelasan klasifikasi pepaya diantaranya adalah :

Kingdom : plantae / tumbuhan, sub kingdom : tracheobionta / tumbuhan berpembuluh, super divisi : spermatophyte / menghasilkan biji, divisi : magnoliophyta / tumbuhan berbunga, kelas : magnoliosida / berkeping dua / dikotil, sub kelas : dilleniidae, famili : caricaceae, genus : carica, spesies : carica papaya L

Mengenal Morfologi Tanaman Pepaya

1/Morfologi Akar Pepaya

Akar tanaman pepaya memiliki bentuk akar tunggang / radik primaria dan juga akar serabut dikarenakan adanya akar tembaga yang terus tumbuh menjadi akar pokok bercabang – cabang menjadi akar yang agak kecil dan bentuknya bulat berwarna putih kekuningan.

2/Morfologi Batang Pepaya

Batang tanaman pepaya berbentuk bulat dengan permukaan batang beruas – ruas mirip spiral yang mana batang pada pepaya tumbuh tegak dan lurus serta memiliki rongga yang diakibatkan oleh pemutusan pada tangaki batang daun. Pohon berbatang tegak dan basah, tinggi pohon dapat mencapai 8 s/d 10 meter.

3/Morfologi Daun Pepaya

Daun pada tanaman pepaya merupakan daun tunggal memiliki ukuran besar yang termasuk ke dalam kelompok daun berjari, bergigi dan memiliki tangkai daun yang panjang dan berwarna putih kekuningan. Daun – daun ini berbentuk bulat dengan ujungnya yang runcing dan mempunyai rongga pada daun. Daun – daun berbentuk helai yang mirip telapak tangan yang bila dilipat dua bagian persis di tengah maka bakal terlihat bahwa daun pepaya adalah simetris.

4/Morfologi Bunga Pepaya

Bunga pepaya memiliki warna putih kekuningan serta memiliki tangkai kecil yang amna bagian atas runcing dan memiliki bagian tengah berkelopak menarik dan terlihat cantik. Bunga – bunga yang dimaksudkan berwarna putih, terdapat putik dan benang sari yang mana berdasarkan kandungan benang sari dan putiknya, pohon pepaya dapat dibedakan menjadi 3 jenis yaitu bunga jantan. Bunga betina, dan bunga sempurna.

4.1/Bunga Pepaya Jantan

Bunga majemuk memiliki tangkai panjang dan bercabang – cabang yang mana bunga pertama terdapat pada pangkal tangkai untuk selanjutnya bunga jantan yang bekerja memiliki ciri – ciri sebagai berikut adanya putik / bakal buah yang tak berkepala serta benang sari tersusun sempurna.

4.2/Bunga Pepaya Betina

Bunga majemuk dengan tangkai bunga sangat pendek ini di dalamnya terdapat bunga betina kecil dan besar. Bunga yang besar bisa menjadi buah yang mana pepaya betina memiliki bakal buah yang sempurna namun tidak terdapat benang sari maka dari itu pepaya jenis ini biasanya terus berbunga sepanjang tahun.

4.3/Bunga Pepaya Sempurna

Jenis pepaya ini adalah memiliki bunga yang tersusun sempurna dengan bakal buah dan benang sari mampu melakukan penyerbukan sendiri. Pepaya jenis ini dapat dibagi menjadi 3 jenis yakni memiliki benang sari dan bakal buah bulat, benang sari 10 dan bakal buah yang lonjong. Berdasarkan pada buah yang dihasilkan pepaya sempurna bisa dibagi menjadi dua kelompok yaitu pepaya sempurna yang bisa berbunga dan berbuah sepanjang tahun.

5/Morfologi Buah Pepaya

Buah pada tanaman pepaya adalah buah tunggal atau sejati yang di dalamnya berisikan biji dalam jumlah besar. Buah muncul pada ketiak tangkai yang kulit buahnya berwarna hijau muda saat belum matang dan kekuningan atau kuning saat sudah matang. Daging buah memiliki warna kemerahan cerah dan sangat tebal berair dengan cita rasa manis segar sehingga cocok dijadikan sebagai buah meja. Bentuk buah bulat hingga lonjong dengan bagian ujung biasanya runcing dengan rongga pada dalam buah pepaya berupa bintang apabila dipotong secara melintang.

6/Morfologi Biji Pepaya

Biji – biji tanaman pepaya terdapat di dalam buah yang jumlahnya sangat banyak serta memiliki bentuk bulat lonjong berair tergantung varietasnya masing – masing. Mempunyai warna kecoklatan dan kehitaman dapat langsung di tanam ke media pembibitan / media tanam.

Demikian kami menjelaskan dengan singkat tentang klasifikasi dan morfologi tanaman pepaya, semoga bermanfaat bagi para pembaca yang budiman.

Baca Juga : Klasifikasi Dan Morfologi Tanaman Gingseng

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *