Pengertian dan Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen

Pengertian dan Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen – Tahukah anda apa itu pengertian perilaku konsumen? Perilaku konsumen adalah segala upaya konsumen ketika melakukan aktivitas pembelian sebuah produk. Yang berupa pencarian, pemilihan hingga teknik pembayarannya.

Pengertian dan Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen
Pengertian dan Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen

Setiap pembeli pasti melakukan berbagai pertimbangan sebelum mengambil keputusan membeli sebuah produk. Pertimbangan-pertimbangan itulah yang menjadi alasan mereka membeli produk atau justru meninggalkannya.

Salah satu penentu konsumen membeli produk adalah pertimbangan harga. Semakin rendah harga yang ditawarkan produsen, peluang konsumen membelinya sangatlah besar.

Pengertian Perilaku Konsumen Menurut Para Ahli

  • Angel, Blackwell, dan Miniard

Perilaku konsumen adalah peristiwa transaksi pembelian yang di dalamnya terdapat proses awal hingga kesediaan pembeli untuk membeli produk atau jasa tersebut.

Tindakan tersebut berupa keterlibatan konsumen secara langsung terhadap proses transaksi yang berupa penawaran, pencarian dan pembelian sebuah produk atau malah membatalkannya.

  • Mowen

Menurut Mowen, perilaku konsumen adalah beberapa aktivitas pembeli yang dilakukan untuk mendapatkan sebuah produk pada transaksi pembelian.

  • The American Marketing Association

Perilaku konsumen adalah proses tukar menukar interaksi dan pengaruh, yang dilakukan secara sadar antara konsumen dengan produsen di dalam transaksi pembelian maupun dimensi kehidupan lain.

  • Schiffman dan Kanuk

Menurut Kanuk dan Schiffman, perilaku konsumen adalah proses pembeli untuk mendapatkan produk/jasa yang sesuai dengan kebutuhannya sendiri. Di dalamnya berisi aktivitas mencari, memilih dan membayar.

Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen

Pada umumnya, perilaku konsumen dipengaruhi oleh beberapa faktor. Berikut penjelasannya yang lebih detail dan lengkap, yaitu:

Faktor Internal

Faktor internal adalah faktor konsumen yang berasal dari dalam diri mereka masing-masing. Penyebabnya adalah:

  1. Motivasi

Motivasi adalah semangat atau keinginan konsumen untuk melakukan proses pembelian produk sesuai dengan yang dibutuhkannya.

  1. Ekonomi

Faktor ekonomi adalah perilaku konsumen dipengaruhi oleh ketersediaan uang. Jika uang cukup, baru produk bisa dibeli. Sebaliknya, jika uang kurang dari harga, pembelian bisa ditunda.

Faktor Eksternal

Faktor eksternal adalah faktor pengaruh konsumen yang berasal dari luar dirinya. Ini dia faktor-faktor tersebut, yaitu:

  1. Kebudayaan

Kebudayaan juga memengaruhi konsumen untuk membeli sebuah produk. Kebudayaan ini, dihasilkan oleh cipta dan karsa manusia yang diterima sebagai sebuah kesepakatan yang diwariskan.

  1. Kelompok sosial

Kelompok sosial adalah sebuah kesatuan hubungan sosial yang dialami konsumen. Di sanalah, konsumen berinteraksi dengan orang lain. Dalam konsep ini, pembelian dipengaruhi oleh keluarga, kerabat dan tetangga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *